MEDIA PEMBELAJARAN SKI CD Pintar Mandiri
MANUAL MEDIA PEMBELAJARAN
Nama Media | : | CD Pintar Mandiri |
Nama Sekolah | : | MA Hasyimiyah Bungah Gresik |
Mata Pelajaran | : | Sejarah Kebudayaan Islam |
Kelas/Semester | : | XII/1 (Ganjil) |
Alokasi Waktu | : | 6 x 45 menit ( 3 pertemuan) |
1. Standar Kompetensi
Memahami masalah kepemimpinan umat islam pasca nabi Muhammad Saw. wafat.
2. Kompetensi Dasar
- Menceritakan proses dan model kepemimpinan pada masa Khuallafaur Rasyidin.
- Mendeskripsikan strategi kepemimpinan Khulafaur Rasyidin.
- Mengambil ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
3. Indikator
a. Siswa dapat menjelaskan proses pengangkatan Khulafaur Rasyidin
b. Siswa dapat mengidentifikasi model-model pemilihan Khulafaur Rasyidin
c. Siswa dapat menyebutkan strategi kepemimpinan/usaha-usaha/ jasa-jasa Khulafaur Rasyidin
d. Siswa dapat mengambil ibrah dari kepemimpinan Khulafaur Rasyidin
4. Tujuan pengunaan media
a. Memudahkan siswa memahami materi pelajaran
b. Menambah wawasan siswa berkaitan dengan materi pelajaran.
c. Meningkatkan minat/motivasi belajar siswa
d. Belajar dengan cara yang menyenangkan (enjoy learning)
5. Alat dan Bahan
a. Komputer/Laptop
b. Softwear Aplikasi : Camtasia Studio, DVD Photo Slide Saw Pro, Window Movie Maker dll.
c. CD
d. Proyektor
6. Prosedur Pembuatan
a. Mengumpulkan bahan-bahan berupa tulisan, gambar, animasi, lagu , video/film dsb. yang berkaitan dengan materi pelajaran SKI khususnya tentang Khulafa’ur Rasyidin, baik dari buku-buku Sejarah Islam dan Encyclopedia Islam, maupun dari internet.
b. Menulis dan atau menyimpan bahan-bahan tersebut dalam bentuk file-file di computer.
c. Mencari software aplikasi yang cocok untuk meramu file-file tersebut, seperti aplikasi Camtasia Studio, DVD photo Slide Saw, Flash Slide Saw Maker, Windows Movie Maker dll
d. Meramu bahan-bahan tersebut dengan berbagai softwear aplikasi
e. Menyimpan hasilnya dalam komputer dan dikopi ke CD
7. Strategi Pembelajaran dan Penerapan Media :
a. Pertemuan Pertama ( di ruang kelas)
- Memberikan motivasi siswa dengan menggunakan media, yaitu menampilkan slide dengan mengklik sub menu “INTRO” pada tampilan di layar (10 menit )
- Presentasi tentang model-model pengangkatan Khulafa’ur Rasyidin dengan power point, yaitu dengan mengklik sub menú “ PRESENTASI ppt.” (40 menit)
- Diskusi kelompok tentang model-model pengangkatan Khulafa’ur Rasyidin dan faktor-faktor yang melatarbelakanginya serta membuat kesimpulan/resume hasil diskusi kelompok (30 menit)
- Tanya jawab tentang materi (10 menit)
b. Pertemuan kedua (di ruang kelas)
- Memberikan motivasi (5 menit)
- Masing-masing kelompok mempresentasikan resume hasil diskusi kelompok dan kelompok/siswa-siswi lain menanggapi (45 menit)
- Ulangan Harian (40 menit)
c. Pertemuan ketiga (di ruang lab Komputer)
- Membagikan “CD pintar mandiri” kepada para siswa-siswi dan diputar di komputer (10 menit)
- Siswa diajak membuka halaman web dengan cara mengklik menú “LINK” dan sub-sub menu pada tampilan “CD pintar mandiri” , kemudian membaca dan menyimpulkan secara tertulis tentang strategi kepemimpinan para Khulafa’ur Rasyidin ( 60 menit)
- Tes lisan (20 menit)
d. Pertemuan keempat (di ruang kelas)
- Memutar film tentang kepribadian Khulafa’ur Rasyidin dengan mengklik sub menu Ibrah (15 menit)
- Metode Snowbowling:
(1) Sejumlah siswa dikelompokkan menjadi dua atau tiga siswa untuk mengkaji dan mencari jawaban tentang ibrah (pela-jaran) yang bisa diambil dari kepemim-pinan khalifah Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib untuk kepen-tingan masa kini dan yang akan datang (20 menit)
(2) Menggabungkan dua atau tiga siswa menjadi satu kelompok baru yang lebih besar untuk saling sharing dalam merumuskan jawaban baru ( 15 menit)
(3) Presentasi hasil sharing (40 menit)
PENGGUNAAN / INSTALASI CD
1. Masukkan CD ke Komputer/Laptop, maka akan muncul
CD_PINTAR_ MANDIRI

2. Klik 2 kali File folder
Khulafa’ur Rasyidin cmt. Dan akan muncul 3 icon:
Media,
autorun dan
CD_PINTAR_MANDIRI




3. Klik 2 kali icon

|
Komentar